Randai Benteng Ombak Nan Badabua

  • 23 April 2017
  • /
  • Views : 103
  • /
  • By : Administrator
  • Randai Benteng Ombak Nan Badabua

    Kelurahan Purus memiliki grup Randai yang diberi nama Benteng Ombak Nan Badabua. Pertama kali didirikan pada tahun 1975 namun sempat mati suri selama beberapa tahun mulai tahun 1995. Dan pada tahun 2006, kembali dihidupkan atas inisiatif masyarakat Purus sendiri. Beberapa orang diantaranya adalah Mawardi (Uncu), Rini dan Novianda (Ketiga orang ini sampai sekarang masih aktif sebagai pengurus). Dan, berkat dukungan Pemerintah Kelurahan Purus, grup Randai ini kembali eksis bahkan kemudian berbadan hukum ditahun 2015.

    Grup Randai Benteng Ombak Nan Badabua sampai sekarang masih mengandalkan swadaya masyarakat dan tentu saja bantuan Pemerintah Kelurahan Purus dalam membiayai akitifitasnya. Siapapun boleh bergabung tanpa dipungut biaya apapun. Pelatihnya pun juga masih putera daerah Purus sendiri. Salah seorangnya Pengurus yang sekaligus Ketua Grup Randai Benteng Ombak Nan Badabua, Mawardi yang juga akrab dipanggil 'Uncu'.

    Sementara waktu latihan dipisah antara anak-anak dengan dewasa. Lokasinyapun diseputar kelurahan Purus dan biasanya dijadwalkan malam usai shalat Isya.

    Keeksisan grup Randai ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka cukup sering diminta mengisi acara-acara baik yang sifatnya formal maupun non formal. Sebagian prestasi Grup Randai Benteng Ombak Nan Badabua adalah 4 kali menjadi yang Terbaik di Festifal Siti Nurbaya.

    Pemerintah Purus yang salah satu poin misinya adalah Melestarikan Kebudayaan Daerah, jelas sepenuhnya mendukung grup randai ini. Selalu memantau dan ikut membantu mengambangkan serta meningkatkan kualitas Grup Randai Benteng Ombak Nan Badabua sebagai kesenian daerah yang patut di pertahankan